05 Jun. 2013

POLA ACARA SIARAN

PROGRAM SIARAN

Program siaran televisi di dunia penyiaran terdiri dari berbagai macam acara yang dapat dibagi atas empat kelompok acara, yaitu :
1. Program berita dan informasi
2. Program pendidikan
3. Program hiburan
4. Program iklan

Dari empat kelompok ini dibuat menjadi berbagai jenis acara Siaran Televisi agar men jadi satu rangkaian acara Siaran Televisi yang menarik dan tidak membosankan. Untuk itulah program disusun sedemikian rupa agar setiap acara tidak melelahkan dan menjemukan sewaktu ditonton. Media Televisi merupakan media massa audio visual yang dalam siarannya harus mengutamakan cara penyajian dengan tempo, gerak seni dan tehnik penyajian yang menarik. Walaupun sebagai media massa, media televise harus menjalankan fungsinya yaitu pendidikan, hiburan, berita dan informasi. Siaran iklan selalu disisipkan pada acara yang menarik banyak audien dan termasuk ditengah siaran berita. Media Penyiaran Televisi merupakan sarana siaran iklan yang sangat efektif pada saat ini karena dengan tekhnologi peralatan yang baru serta didukung kreasi tehnik yang maju, audien dapat dipengaruhi atau dirangsang untuk menonton Siaran Televisi. Oleh sebab itu dalam penyusunan acara siaran, agar kesinambungan acara serta penggantian acara demi acara dapat ditampilkan dalam cukup menarik. Maka acara hiburan, pendidikan, informasi dan berita harus disususn dengan baik. Susunan Acara Televisi setiap harinya disusun dalam jangka waktu tertentu yakni satu bulan hingga tiga bulan,  hal tersebut tergantung dari kebijakan masing-masing Stasiun Televisi tersebut.


POLA SIARAN

Pola siaran adalah panduan strategis yang berisi perencanaan siaran, hari siaran, running time, jadwal siaran dan frekuensi siaran setiap mata acara.
Pola Siaran disusun berdasarkan :

  1. Pola menonton masyarakat setempat didasarkan pada faktor demografi yakni kebiasaan masyarakat dalam menonton siaran televisi ditinjau dari segi usia, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, ethnic, status sosial, status pekerjaan

  1. Keinginan atau selera dan kebutuhan penonton, yakni acara-acara yang disenangi atau diinginkan dan dibutuhkan penonton

  1. Berkesinambungan; sebagian besar acara televisi direncanakan untuk jangka     waktu tertentu, sedikit sekali yang bersifat insedentil atau sekonyong-konyong muncul acaranya.

Oleh karenanya setiap mata acara yang ingin dimasukkan kedalam pola acara siaran , harus diyakinkan ada kesinambungannya. Untuk itu dalam menyusun suatu mata acara yang akan dimasukkan kedalam pola siaran harus diberi penjelasan tentang sebagai berikut :
a) Maksud dan tujuan acara
b) Kriteria dan format acara
c) Pengisi acara dan sumber pengisi acara
d) Running time(masa putar) acara
e) Biaya produksi

Catatan, apabila suatu mata acara tidak dapat dijamin kesinambunganya maka akan mengganggu kelancaran penjadwalan dan kualitas siaran, yang pada saatnya nanti akan merusak citra perusahaan. Memperbaiki citra lebih sulit dari pada membangun citra itu sendiri. Perlu disadari bahwa mata acara yang berkesinambungan terlalu lama/ sangat panjang dapat menimbulkan kejenuhan.
Apabila hal ini terjadi maka format acara perlu segera dirubah atau diganti. Mungkin pula perubahan format tidak gampang dilakukan karena adanya ikatan kontrak dengan Biro iklan sponsorship. Namun apabila pihak Stasiun Televisi mau membicarakannya dan sekaligus memberikan alternatif perubahan atau pengganti acara itu, maka biro iklan/Sponsorship biasanya dapat menerima. Karena pada umumnya audien atau penonton juga merasa senang dan menyambut baik suatu acara yang baru yang tampil lebih baik serta lebih segar dari acara yang digantikannya.

  1. Disusun secara rasional
      Merencanakan pola siaran dalam penyusunan pola
siaran dalam penyusunan pola siaran selalu mempertimbangkan sejumlah
aspek-aspek yang terkait lainnya seperti :
a) Jumlah &kecakapan audien yang tersedia
b) Jumlah & spesifikasi peralatan yang dimiliki
c) Sumber naskah & pengisi acara yang ada
d) Anggaran biaya produksi
e) Situasi&kondisi saat acara ditayangkan yakni
    (selera masyarakat dan pemerintah)
f) Kebijaksanaan stasiun televisi itu sendiri
Dari penjelasan tadi diketahui bahwa perencanaan pola siaran yang tidak rasiaonal hanya akan menimbulkan banyak permasalahan dan pelaksanaannya. Sebaliknya perencanaan yang baik, tidak saja akan memberi kemudahan dalam penyelenggaraannya, tetapi juga akan memberikan citra kepada masyarakat, digemari penonton/ audien termasuk diminati pemasang iklan.

      5.   Fleksibel atau lentur
Perencanaan siaran harus bersifat lentur atau fleksibel agar terdapat banyak   kemungkinan melakukan perubahan dalam mengeluarkan acara-acara yang tidak lagi menarik dan atau memasukkan acara-acara baru guna menciptakan siaran yang digemari serta dibutuhkan penonton. Dengan demikian sejak awal penyusunan pola siaran harus diperkirakan situasi pasar politik dimasa mendatang pada saat pola siaran dilaksanakan.
Sehingga meskipun nantinya ada perubahan namun perubahan tersebut dapat disesuaikan, diselaraskan dan diseimbangkan dengan mata acara lainnya, sehingga keseluruhan rangkaian  acara siaran tetap atau bahkan dapat lebih baik.


PROSES PROGRAMMING
fdserfsdffdrfsdfd

         Biasa disebut proses pemolaan siaran dilakukan melalui prosedur yang agak rumit karena melibatkan banyak pihak, masukan &  tim kreatif yg dibentuk stasiun 
         Dimulai dengan ide/gagasan baik dari internal maupun eksternal
         Menyelenggarakan seminar,survey,rapat tatap muka dengan tokoh masyarakat
         Data informasi dari audien research competitor,calender event,jenis program yg dibutuhkan audien


FAKTOR KOMPETISI

         Program planning mencakup,rencana jang  ka pendek,menengah dan jangka panjang, untuk menjaga kelangsungan acara termasuk kelangsungan finansial
         Program manager harus benar-benar menyeleksi format acara & isi program yang dapat menarik &memuaskan audien
         Perencanaan pada stasiun televisi diarahkan kedepan untuk menyeleksi dan menjadwalkan program yang dapat menarik lebih luas jumlah penoton

FAKTOR KOMPETISI II

         Program content(isi program), dimulai dengan ide2/gagasan yang kreatif yang dituangkan dalam bentuk konsep yg terinci, karena isi program merupakan hal yang sangat menentukan &perlu diingat bahwa mereka berasal dari berbagai sistem nilai dan budaya.
         Pengembangan program contentdilakukan stasiunTV diarahkan kepada keinginan, kebutuhan, minat dan perhatian audien
         Program stuktur ; struktur/format acara disusun sedemikian rupa untuk mengikat audien agar tetap mengikuti acara yang ditayangkan stasiun TV
         Untuk itu format acara harus diupayakan agar menarik audien serta mendapat respon yang positif
          Namun yang tidak kalah pentingnya adalah dapat direspon pemasang iklan,yang nantinya berimbas dengan kualitas program yang dimaksud.





FAKTOR KOMPETISI III

         Program tehnologi,saat ini mengarah kepada penggunaan tehnologi digital yang dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam dan suara yg lebih jernih
         Program montage,kemasan lebih menarik dengan berbasis digital dan computer membuat efek dan editing yang menarik.

         Program promotion, menarik sebanyak mungkin pemasang iklan dan audien, kegiatan mencakup pembuatan leaflet, jingle, booklet ,disamping pada siaran itu sendiri.

1 opmerking:

  1. Lucky Club: Home
    Join Lucky Club and enjoy over 300 slots and table luckyclub.live games. Come join us today for exclusive deals, free bets, VIP offers and more. Our games include: Blackjack, Roulette,

    AntwoordVee uit