POLA ACARA SIARAN
PROGRAM
SIARAN
Program siaran televisi di dunia penyiaran
terdiri dari berbagai macam acara yang dapat dibagi atas empat kelompok acara,
yaitu :
1. Program
berita dan informasi
2. Program
pendidikan
3. Program
hiburan
4. Program iklan
Dari empat
kelompok ini dibuat menjadi berbagai jenis acara Siaran Televisi agar men jadi
satu rangkaian acara Siaran Televisi yang menarik dan tidak membosankan. Untuk
itulah program disusun sedemikian rupa agar setiap acara tidak melelahkan dan
menjemukan sewaktu ditonton. Media Televisi merupakan media massa audio visual yang dalam siarannya harus
mengutamakan cara penyajian dengan tempo, gerak seni dan tehnik penyajian yang
menarik. Walaupun sebagai media massa ,
media televise harus menjalankan fungsinya yaitu pendidikan, hiburan, berita
dan informasi. Siaran iklan selalu disisipkan pada acara yang menarik banyak
audien dan termasuk ditengah siaran berita. Media Penyiaran Televisi merupakan
sarana siaran iklan yang sangat efektif pada saat ini karena dengan tekhnologi
peralatan yang baru serta didukung kreasi tehnik yang maju, audien dapat
dipengaruhi atau dirangsang untuk menonton Siaran Televisi. Oleh sebab itu
dalam penyusunan acara siaran, agar kesinambungan acara serta penggantian acara
demi acara dapat ditampilkan dalam cukup menarik. Maka acara hiburan,
pendidikan, informasi dan berita harus disususn dengan baik. Susunan Acara
Televisi setiap harinya disusun dalam jangka waktu tertentu yakni satu bulan
hingga tiga bulan, hal tersebut
tergantung dari kebijakan masing-masing Stasiun Televisi tersebut.
POLA
SIARAN
Pola siaran adalah panduan strategis yang
berisi perencanaan siaran, hari siaran, running time, jadwal siaran dan
frekuensi siaran setiap mata acara.
Pola
Siaran disusun berdasarkan :
- Pola menonton masyarakat setempat didasarkan pada faktor demografi yakni kebiasaan masyarakat dalam menonton siaran televisi ditinjau dari segi usia, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, ethnic, status sosial, status pekerjaan
- Keinginan atau selera dan kebutuhan penonton, yakni acara-acara yang disenangi atau diinginkan dan dibutuhkan penonton
- Berkesinambungan; sebagian besar acara televisi direncanakan untuk jangka waktu tertentu, sedikit sekali yang bersifat insedentil atau sekonyong-konyong muncul acaranya.
Oleh karenanya
setiap mata acara yang ingin dimasukkan kedalam pola acara siaran , harus
diyakinkan ada kesinambungannya. Untuk itu dalam menyusun suatu mata acara yang
akan dimasukkan kedalam pola siaran harus diberi penjelasan tentang sebagai
berikut :
a) Maksud dan
tujuan acara
b) Kriteria dan
format acara
c) Pengisi acara
dan sumber pengisi acara
d) Running
time(masa putar) acara
e) Biaya
produksi
Catatan, apabila
suatu mata acara tidak dapat dijamin kesinambunganya maka akan mengganggu kelancaran
penjadwalan dan kualitas siaran, yang pada saatnya nanti akan merusak citra
perusahaan. Memperbaiki citra
lebih sulit dari pada membangun citra itu sendiri. Perlu disadari bahwa mata
acara yang berkesinambungan terlalu lama/ sangat panjang dapat menimbulkan
kejenuhan.
Apabila hal ini terjadi maka format acara perlu segera dirubah atau
diganti. Mungkin pula perubahan format tidak gampang
dilakukan karena adanya ikatan kontrak dengan Biro iklan sponsorship. Namun
apabila pihak Stasiun Televisi mau membicarakannya dan sekaligus memberikan
alternatif perubahan atau pengganti acara itu, maka biro iklan/Sponsorship
biasanya dapat menerima. Karena pada umumnya audien atau penonton juga merasa
senang dan menyambut baik suatu acara yang baru yang tampil lebih baik serta
lebih segar dari acara yang digantikannya.
- Disusun
secara rasional
Merencanakan pola siaran dalam
penyusunan pola
siaran dalam
penyusunan pola siaran selalu mempertimbangkan sejumlah
aspek-aspek yang
terkait lainnya seperti :
a) Jumlah &kecakapan
audien yang tersedia
b) Jumlah &
spesifikasi peralatan yang dimiliki
c) Sumber naskah
& pengisi acara yang ada
d) Anggaran
biaya produksi
e) Situasi&kondisi saat acara ditayangkan yakni
(selera masyarakat dan pemerintah)
f) Kebijaksanaan stasiun televisi itu sendiri
Dari penjelasan tadi diketahui bahwa perencanaan
pola siaran yang tidak rasiaonal hanya akan menimbulkan banyak permasalahan dan
pelaksanaannya. Sebaliknya perencanaan yang baik, tidak saja akan memberi
kemudahan dalam penyelenggaraannya, tetapi juga akan memberikan citra kepada
masyarakat, digemari penonton/ audien termasuk diminati pemasang iklan.
5. Fleksibel
atau lentur
Perencanaan siaran harus bersifat lentur atau fleksibel agar
terdapat banyak kemungkinan melakukan
perubahan dalam mengeluarkan acara-acara yang tidak lagi menarik dan atau
memasukkan acara-acara baru guna menciptakan siaran yang digemari serta
dibutuhkan penonton. Dengan demikian sejak awal penyusunan pola siaran harus
diperkirakan situasi pasar politik dimasa mendatang pada saat pola siaran
dilaksanakan.
Sehingga meskipun nantinya ada perubahan namun perubahan tersebut
dapat disesuaikan, diselaraskan dan diseimbangkan dengan mata acara lainnya,
sehingga keseluruhan rangkaian acara
siaran tetap atau bahkan dapat lebih baik.
PROSES PROGRAMMING
fdserfsdffdrfsdfd
•
Biasa disebut proses pemolaan
siaran dilakukan melalui prosedur yang agak rumit karena melibatkan banyak
pihak, masukan & tim kreatif yg
dibentuk stasiun
•
Dimulai
dengan ide/gagasan baik dari internal maupun eksternal
•
Menyelenggarakan
seminar,survey,rapat tatap muka dengan tokoh masyarakat
•
Data informasi dari audien
research competitor,calender event,jenis program yg dibutuhkan audien
FAKTOR KOMPETISI
•
Program planning mencakup,rencana
jang ka pendek,menengah dan jangka
panjang, untuk menjaga kelangsungan acara termasuk kelangsungan finansial
•
Program manager harus
benar-benar menyeleksi format acara & isi program yang dapat menarik
&memuaskan audien
•
Perencanaan pada stasiun
televisi diarahkan kedepan untuk menyeleksi dan menjadwalkan program yang dapat
menarik lebih luas jumlah penoton
FAKTOR KOMPETISI II
•
Program content(isi program),
dimulai dengan ide2/gagasan yang kreatif yang dituangkan dalam bentuk konsep yg
terinci, karena isi program merupakan hal yang sangat menentukan &perlu
diingat bahwa mereka berasal dari berbagai sistem nilai dan budaya.
•
Pengembangan program
contentdilakukan stasiunTV diarahkan kepada keinginan, kebutuhan, minat dan
perhatian audien
•
Program stuktur ; struktur/format
acara disusun sedemikian rupa untuk mengikat audien agar tetap mengikuti acara
yang ditayangkan stasiun TV
•
Untuk itu format acara harus
diupayakan agar menarik audien serta mendapat respon yang positif
•
Namun yang tidak kalah pentingnya adalah dapat
direspon pemasang iklan,yang nantinya berimbas dengan kualitas program yang dimaksud.
FAKTOR KOMPETISI III
•
Program tehnologi,saat ini
mengarah kepada penggunaan tehnologi digital yang dapat menghasilkan gambar yang
lebih tajam dan suara yg lebih jernih
•
Program montage,kemasan lebih menarik
dengan berbasis digital dan computer membuat efek dan editing yang menarik.
•
Program promotion, menarik sebanyak
mungkin pemasang iklan dan audien, kegiatan mencakup pembuatan leaflet, jingle,
booklet ,disamping pada siaran itu sendiri.
Lucky Club: Home
AntwoordVee uitJoin Lucky Club and enjoy over 300 slots and table luckyclub.live games. Come join us today for exclusive deals, free bets, VIP offers and more. Our games include: Blackjack, Roulette,